Selasa, 25 Desember 2012

ALGORITMA PEMROGRAMAN

ALGORITMA
 
 Algoritma saat ini lebih sering dikaitkan dengan pemrograman komputer sehingga dikenal dengan istilah Algoritma Pemrogaman, untuk menunjukan kekhususan konteks. Dalam konteks ini algoritma pemrograman merupakan kerangka dari program komputer.
Sebenarnya tidak ada definisi algoritma  yang baku. Namun untuk mudahnya secara sederhana algoritma dalam kaitannya dengan pemrograman dapat kita definisikan sebagai “ Urutan langkah berhingga untuk menyelesaikan masalah matematika dan logika’.  Dengan pengertian itu kita dapat menyimpulkan bahwa
1.    Algoritma adalah kumpulan langkah, artinya algoritma merupakan proses di dalam penyelesaian masalah.
2.    Langkah-langkah dalam algoritma berhingga banyaknya, artinya langkah-langkah tersebut memiliki akhir. Algoritma tanpa akhir, bukanlah termasuk algoritma karena tidak memberikan solusi apapun.
3.  Digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dan logika, artinya tidak semua masalah dapat diselesaikan dalam algoritma pemrograman. Algoritma ini hanya bisa digunakan  untuk menyelesaikan suatu masalah jika msalah tersebut dapat diterjemahkan ke dalam bahasa logika dan matematika, karena pemrograman komputer pada dasarnya adalah persoalan logika dan matematika.
INTINYA : Algoritma dalah cara manusia untuk merangkai instruksi yang akan diberika kepada komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar